(Opini) Kredit Bagi UMKM di DIY oleh Dr Nugroho SBM, MSi

Universitas Diponegoro • Opini

UMKM memegang peran penting di DIY. Salah satu upaya mendorong perkembangan UMKM dengan mempermudah akses kredit bagi UMKM.

Sebagian besar kredit bagi UMKM digunakan untuk operasional rutin usaha atau untuk modal kerja. Sedangkan bagian yang lebih kecil untuk investasi antara lain untuk pendirian usaha baru atau memperbesar usaha yang sudah ada. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM di DIY sifatnya hanya bertahan dari waktu ke waktu. Sedikit UMKM baru yang berdiri dan UMKM yang lamapun sedikit yang melakukan ekspansi usaha.

Sedangkan kredit UMKM berdasar lapangan usaha berdasar data yang ada urutannya dari 6 lapangan usaha UMKM yang kreditnya terbesar urutannya adalah:  sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan motor, penyediaan akomodasi makan dan minum, sektor indutri pengolahan, jasa lainnya, sektor konstruksi, dan sektor pertanian dalam arti luas.

Sektor pertanian dalam arti luas menduduki ranking terakhir menunjukkan bahwa perekonomian DIY telah bergeser dari dominasi sektor pertanian ke sektor lain yang lebih menguntungkan.

Dokumen

Silahkan login terlebih dahulu untuk melihat dokumen

Galeri

 

Komentar

Belum ada komentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirim komentar dan like