BINS Lecture Series 7 - Pengantar Analisis dan Regresi Meta oleh Profesor Dr. Insukindro

BI Institute • E-Learning

Pada BINS lecture series ke-7 ini dibahas sebuah pengantar analisis dan regresi meta oleh Profesor Insukindro, terutama untuk pemanfaatannya dalam riset ekonomi.

Analisis Meta adalah anali sis statistika suatu koleksi yang cukup besar dari hasil studi empirik dan dimaksudkan untuk mengintegrasikan penemuan yang diperoleh dalam studi terkait. Untuk mencapai tujuan tsb, dalam analisis meta dilakukan survei hasil riset peneliti sebelumnya, pembuatan coding, pengumpulan sampel atau populasi hasil riset, penentuan karakteristik dan analisis data dengan metode statistika. Diharapkan melalui analisis ini akan diperoleh kesimpulan berupa besaran analisis meta.

Besaran analisis meta adalah ukuran efek effect size yang untuk memperolehnya digunakan metode statistika, seperti metode momen (perbedaan rerata dll baik yang dibakukan maupun yang tidak). Penerapan analisis meta diperkenalkan oleh Stanley dan Jarell pada tahun 1989. Beberapa ukuran efek dalam studi di bidang ekonomi antara lain elastisitas, semi elastisitas, koefisien korelasi parsial dan marjinal.

Dalam kuliah ini selain dibahas tentang konsep dan keunggulan analisis meta, dikupas pula kelemahan analisis meta. Diulas pula metodologi dan permodelan analisis serta regresi meta. Pada bagian akhir juga dipaparkan beberapa contoh riset yang menggunakan analisis meta. Besaran statistika efek analisis meta akan diperdalam pada lecture series berikutnya.

Beberapa referensi yang menjadi acuan adalah Stanley Jarell (1989), Simon (2000), Stanley (2001), Lipsey Wilson (2001), DeCoster (2004), Borenstein et al (2009), Card (2012), Insukindro (2016), Cleophas Zwinderman (2017), Schmid et al (2021), Shindy et al (2021), dan Sriram (2001).

Dokumen

Silahkan login terlebih dahulu untuk melihat dokumen

Galeri

 

Komentar

Belum ada komentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirim komentar dan like