Harmoni dalam Perbedaan: Bank Indonesia dalam Dinamika Ekonomi Solo Raya

Bank Indonesia Institute telah meluncurkan sebuah buku yang berjudul "Harmoni dalam Perbedaan: Bank Indonesia dalam Dinamika Ekonomi Solo Raya". Buku ini adalah persembahan dari Bank Indonesia kepada masyarakat Solo dan merupakan komitmen Bank Indonesia dalam mendokumentasikan pemikiran, kebijakan, wisdom, pengalaman dan sejararah organisasi dalam bentuk Institutional Memory, sekaligus memperkaya referensi akademis, khususnya pada bidang kajian sejarah ekonomi yang dapat digunakan oleh semua kalangan.


Keberadaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo sendiri memiliki sejarah panjang, yang bermula sejak berdirinya kantor De Javasche Bank (DJB) Agentschap Soerakarta pada 25 November 1867. Kehadiran DJB di Solo pada tahun 1867 menjadi kantor cabang pertama yang didirikan di wilayah non pesisir. Hal itu karena pesatnya ekonomi perkebunan di daerah Solo Raya sehingga mengundang pengusaha-pengusaha dari Eropa. 


Keunikan lain yang diangkat dalam buku ini termuat dalam tema dan judul buku, yakni ‘Harmoni dalam Perbedaan’, karena pada perkembangannya, perekonomian Kota Solo ditopang oleh dua kutub ekonomi, yaitu ekonomi perkebunan modern dan ekonomi kerakyatan. Hubungan itu juga relevan dengan kondisi kekinian Kota Solo yang menjaga nilai-nilai sejarah dan tradisional sebagai aset masa depan.

Buku "Harmoni dalam Perbedaan: Bank Indonesia dalam Dinamika Ekonomi Solo Raya" dapat diunduh melalui tautan berikut:

https://www.bi.go.id/id/institute/publikasi/buku/Pages/Buku-Sejarah-dan-Heritage-KPw-BI-SOlo.aspx


No documents
No comments

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirim komentar dan like
Login